Jumat, 07 April 2017

CARA MERAWAT SOLAR CELL / PANEL SURYA

Baterai harus secara teratur dan hati-hati dipertahankan untuk memperpanjang umur. kegiatan ini meliputi:
 
1. Memeriksa dan membersihkan secara teratur
2. Memeriksa tingkat elektrolit (tidak wajib untuk Baterai Gel)
3. Menjaga dalam keadaan tinggi biaya
 
 1. Baterai Inspeksi dan Pembersihan

Sebuah inspeksi visual harus dilakukan untuk menilai kondisi umum sistem baterai. Memeriksa setiap elektrolit kebocoran, retak di baterai,atau korosi padaterminal atau konektor.Surya PV Pemeliharaan Sistem Panduan 3 Efek teknik pemeliharaan yang buruk ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
 Baterai harus bersih, kering dan bebas dari elektrolit dan residu korosi. korosi pada terminal baterai dipandang sebagai lapisan putih sekitar
 terminal baterai. Pembersihan harus dilakukan sekali setiap bulan
 
Waspada
 
 
Untuk meminimalkan bahaya, tindakan pencegahan berikut harus diambil sebelum melaksanakan baterai pemeliharaan.
• kacamata keselamatan harus dipakai saat melakukan pemeliharaan baterai
• sarung tangan pelindung dan sarung tangan karet tahan kimia harus dipakai untuk mencegah kontak dengan asam baterai.
• Jika ada tumpahan asam, menetralisir asam dengan air dan larutan soda bi-karbonat.file logam tidak boleh digunakan untuk menghapus korosi.
• Gunakan alat dengan pegangan terisolasi untuk melaksanakan pemeliharaan apapun.Jangan merokok atau kebakaran cahaya dekat baterai. Baterai menghasilkan gas hidrogen yang sangat mudah terbakar.
 
Sebelum pemeliharaan dilakukan, masing-masing komponen dari sistem harus diisolasi. Ini akan melibatkan mematikan pemutus sirkuit ke dan dari bank baterai dan panel surya. Baterai prosedur pembersihan adalah sebagai berikut:
 
1. Matikan / lepaskan semua beban pada sistem. Matikan atau cabut biaya surya. kemudian putar off pemutus sirkuit ke dan dari bank baterai.
2. Pastikan bahwa topi pada baterai disegel ketat untuk menjaga kotoran dari memasuki baterai.Lap bagian atas dan di luar baterai dengan kain (lembab). Jika korosi hadir di terminal, campur baking soda dengan air segar dan menerapkan solusi untuk daerah yang terkena.daerah membandel harus digosok dengan sikat logam. Setelah dibersihkan, bilas terminal dengan air. Jika tersedia, gunakan petroleum jelly atau minyak ke terminal terhubung untuk mencegah masa depan korosi.
3. Pemeliharaan sel gel dan baterai RUPS hanya berkaitan dengan terminal baterai dan koneksi.Terminal dan pos harus dibersihkan sampai mereka mengkilap, dan jika berkarat, membersihkan mereka benar dengan Bi-karbonat soda dan air. Jika tersedia, gunakan petroleum jelly atau minyak ke terminal terhubung.
 
2. Memeriksa tingkat elektrolit
 
 
perawatan baterai melibatkan memeriksa tingkat elektrolit sel untuk volume asam yang benar sebulan sekali. Sel-sel harus disiram kembali ke tingkat asam asli yang ¼ - ½" di bawah bagian bawah ventilasi baik (tabung dalam sel baterai dengan slot pada masing-masing.Gunakan hanya air suling untuk top up baterai. Pengujian untuk berat jenis elektrolit dalam baterai adalah cara yang akurat untuk mengukur dan membandingkan keadaan muatan setiap sel individu. Proses pemeriksaan berat jenis elektrolit untuk "Deep Cycle Kebanjiran" Lead Acid Baterai diberikan di bawah ini
1. Pertama, menghapus topi dari setiap sel satu per satu. Hati-hati memasukkan hidrometer ke dalam sel.
2. Menggambar cair ke hydrometer dan menghindari menabrak hidrometer tersebut. float seharusnya tidak kebanjiran atau menempel ke sisi tabung kaca.
3. Mendapatkan membaca dengan melihat float yang sesuai dengan tingkat pada tabung. Asam tingkat dalam baterai harus dalam waktu dua sentimeter dari bagian atas baterai. Sebuah visual yang inspeksi juga bisa dibuat untuk memeriksa kondisi piring. Mencatat jumlah sel dan hasilnya.
4. Jangan mengganti cairan dari satu sel ke sel lain
 
 
Cek tegangan batere
 
 
ukuran penting lain dalam menentukan keadaan baterai biaya adalah tegangan baterai. A volt meteran digunakan untuk mengukur kuantitas ini. Memimpin positif dari volt meter harus dihubungkan ke terminal positif baterai dan memimpin negatif dari volt meter harus dihubungkan ke terminal negatif baterai. Tabel di atas menunjukkan tegangan baterai yang sesuai dan sesuai kondisi penyimpanan daya baterai. Setelah mengukur tegangan masing-masing baterai, harus direkam dan dipelihara dalam lembar log.
 
 Alarm batere
 
 
Sel surya memiliki alarm untuk menghasilkan visual dan terdengar indikasi untuk mengingatkan baterai rendah keadaan biaya. Ketika baterai keadaan biaya jatuh ke 50% yang alarm akan memicu dan buzzer akan terdengar selama 10 menit. Bel akan secara otomatis dimatikan, tapi akan mulai lagi setiap 10 menit. Matikan lampu terhubung ke tata surya untuk menghindari kerusakan baterai
  
 
Pemeliharaan Panel surya
 
 
Array surya (sejumlah panel surya dihubungkan bersama) sering dianggap bebas pemeliharaan. Namun, pemeliharaan sesekali dan inspeksi dari array surya harus dilakukan untuk memastikan penggunaan optimal dari panel surya. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga permukaan (kaca) wilayah modul bersih dari kelebihan kotoran.
 
1. Untuk menghapus lapisan debu dan kotoran dari modul, hanya mencuci panel dengan air. Jika modul memiliki tebal kotoran atau debu dan kotoran burung, yang lebih sulit untuk menghapus, mencuci dengan air dingin dan gosok permukaan panel dengan spons. Jangan gunakan sikat logam untuk membersihkan permukaan panel surya. Deterjen sebaiknya tidak digunakan.
2. Sebuah inspeksi visual dari modul maka dapat dilakukan untuk memeriksa cacat pada modul seperti retak, chip,de-laminasi, berkabut kaca, kebocoran air dan perubahan warna. Jika setiap cacat yang jelas ditemukan, catatan lokasi mereka dalam sistem buku catatan, sehingga mereka dapat dipantau di masa depan dalam hal kerusakan lebih lanjut mempengaruhi output modul.
3. Kondisi array pemasangan bingkai juga harus diperhatikan. Item untuk mengamati harus termasuk array pemasangan baut (misalnya baut berkarat) dan cek untuk memastikan bahwa frame dan modul yang tegas dijamin. Kotak-kotak junction juga harus diperiksa untuk memastikan bahwa kabel tidak dikunyah oleh hewan pengerat atau serangga. Mengambil tindakan pencegahan yang memadai saat melakukan pemeliharaan panel surya karena ini adalah terletak di atas atap dan ada risiko jatuh
 
Inverter / Charger Baterai dan Charge kontroler
Komponen ini dapat dipertahankan dengan meminimalkan akumulasi debu. Sebuah kain kering harus digunakan untuk menghapus akumulasi kotoran / debu. Sebuah inspeksi visual harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua Indikator seperti lampu LED bekerja dan bahwa kabel yang mengarah ke dan dari perangkat ini tidak longgar. Perhatikan bahwa charge controller harus menunjukkan bahwa sistem pengisian ketika matahari naik. Jika tidak, hubungi installer segera.
 
Wiring dan Koneksi
instalasi kabel harus diperiksa untuk setiap retak, istirahat atau kerusakan dalam isolasi / saluran. Periksa kotak panel untuk memastikan bahwa mereka tidak menjadi rumah bagi hewan pengerat dan serangga. Juga memeriksa koneksi untuk setiap korosi dan / atau pembakaran. Switch seharusnya tidak memicu ketika diaktifkan atau dinonaktifkan. Bagian berikut dari saluran dan kabel harus diperiksa untuk setiap tanda-tanda kerusakan:
 
 
• Solar panel dengan charge controller
• Mengisi controller ke bank baterai
• Inverter / pengisi daya ke bank baterai
• Generator untuk Inverter / pengisi
• Inverter / charger dan Generator ke outlet AC
• Baterai bank ke DC outlet / beban.
 
Jika kerusakan ditemukan, konsultasikan dengan installer sesegera mungkin. Semua kabel tanah harus diperiksa untuk memastikan mereka tidak rusak.
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar