AUTOTRANSFORMER
Berbeda dengan
transformator sebelumnya tegangan yang memiliki dua gulungan elektrik
terisolasi yang disebut: primer dan sekunder, sebuah autotransformer hanya memiliki
satu tegangan tunggal berkelok-kelok yang umum bagi kedua belah pihak. Single
ini berliku "disadap" di berbagai titik sepanjang panjangnya untuk
memberikan persentase dari suplai tegangan primer pada beban sekunder. Maka autotransformer memiliki
inti magnetik biasa tapi hanya memiliki satu berkelok-kelok, yang umum untuk
kedua sirkuit primer dan sekunder.
Oleh karena itu dalam
autotransformer gulungan primer dan sekunder dihubungkan bersama baik elektrik
dan magnetis. Keuntungan utama dari jenis desain transformator adalah
bahwa hal itu dapat dibuat jauh lebih murah untuk hal yang sama rating VA, tapi
kelemahan terbesar dari sebuah autotransformer adalah bahwa hal itu tidak
memiliki dasar / isolasi berliku sekunder transformator luka ganda konvensional.
Bagian dari berliku ditunjuk sebagai bagian utama dari berliku terhubung ke sumber listrik AC dengan makhluk bagian sekunder dari primer ini berliku. Sebuah autotransformer juga dapat digunakan untuk langkah tegangan suplai naik atau turun dengan membalik koneksi. Jika primer adalah total berkelok-kelok dan terhubung ke pasokan, dan sirkuit sekunder terhubung di hanya sebagian dari berkelok-kelok, maka tegangan sekunder "melangkah-down" seperti yang ditunjukkan.
Bagian dari berliku ditunjuk sebagai bagian utama dari berliku terhubung ke sumber listrik AC dengan makhluk bagian sekunder dari primer ini berliku. Sebuah autotransformer juga dapat digunakan untuk langkah tegangan suplai naik atau turun dengan membalik koneksi. Jika primer adalah total berkelok-kelok dan terhubung ke pasokan, dan sirkuit sekunder terhubung di hanya sebagian dari berkelok-kelok, maka tegangan sekunder "melangkah-down" seperti yang ditunjukkan.
Ketika primer saat ini saya P mengalir
melalui single berliku ke arah panah seperti yang ditunjukkan, arus sekunder, saya S, mengalir
ke arah yang berlawanan. Oleh karena itu, dalam porsi yang berkelok-kelok
yang menghasilkan tegangan sekunder, V S arus yang
mengalir keluar dari belitan adalah perbedaan I Pdan I S.
Autotransformer juga dapat dibangun dengan lebih dari satu tunggal penyadapan titik. Auto-Transformator dapat digunakan untuk memberikan titik tegangan yang berbeda sepanjang yang berkelok-kelok atau meningkatkan tegangan suplai sehubungan dengan tegangan pasokan V P seperti yang ditunjukkan.
Autotransformer juga dapat dibangun dengan lebih dari satu tunggal penyadapan titik. Auto-Transformator dapat digunakan untuk memberikan titik tegangan yang berbeda sepanjang yang berkelok-kelok atau meningkatkan tegangan suplai sehubungan dengan tegangan pasokan V P seperti yang ditunjukkan.
Autotransformer dengan Multiple Tapping Poin
Metode standar untuk
menandai auto-transformator gulungan adalah untuk label itu dengan modal
(huruf) huruf. Jadi misalnya, A, B, Z dll untuk mengidentifikasi
akhir pasokan. Umumnya koneksi netral umum ditandai sebagai N atau n. Untuk
sekunder penyadapan ini, nomor akhiran digunakan untuk semua menekan titik
sepanjang auto-transformator gulungan primer. Angka-angka ini umumnya
mulai dari nomor 1 dan terus dalam urutan untuk semua titik
penyadapan seperti yang ditunjukkan.
Autotransformer Terminal Penandaan
Sebuah autotransformer
digunakan terutama untuk penyesuaian garis tegangan baik mengubah nilainya atau
tetap konstan. Jika penyesuaian tegangan dengan jumlah yang kecil, baik
atas atau bawah, maka rasio transformator kecil seperti V P dan V S hampir
sama. Arus I P dan saya S juga
hampir sama.
Oleh karena itu, porsi yang berkelok-kelok yang membawa perbedaan antara dua arus dapat dibuat dari ukuran konduktor yang jauh lebih kecil, karena arus yang hemat jauh lebih kecil dari biaya sebuah transformator luka ganda setara.
Namun, regulasi, induktansi kebocoran dan ukuran fisik (karena tidak ada kedua berliku) dari autotransformer untuk VA yang diberikan atau rating KVA kurang dari untuk transformator luka ganda.
Autotransformer adalah jelas jauh lebih murah daripada transformer luka ganda konvensional sama rating VA. Ketika memutuskan pada menggunakan autotransformer itu biasa untuk membandingkan biaya dengan suatu jenis luka ganda setara.
Hal ini dilakukan dengan membandingkan jumlah tembaga yang disimpan dalam gulungan. Jika rasio "n"didefinisikan sebagai rasio dari tegangan rendah ke tegangan yang lebih tinggi, maka dapat ditunjukkan bahwa penghematan tembaga adalah: n.100%. Sebagai contoh, penghematan tembaga untuk dua autotransformer akan menjadi:
Oleh karena itu, porsi yang berkelok-kelok yang membawa perbedaan antara dua arus dapat dibuat dari ukuran konduktor yang jauh lebih kecil, karena arus yang hemat jauh lebih kecil dari biaya sebuah transformator luka ganda setara.
Namun, regulasi, induktansi kebocoran dan ukuran fisik (karena tidak ada kedua berliku) dari autotransformer untuk VA yang diberikan atau rating KVA kurang dari untuk transformator luka ganda.
Autotransformer adalah jelas jauh lebih murah daripada transformer luka ganda konvensional sama rating VA. Ketika memutuskan pada menggunakan autotransformer itu biasa untuk membandingkan biaya dengan suatu jenis luka ganda setara.
Hal ini dilakukan dengan membandingkan jumlah tembaga yang disimpan dalam gulungan. Jika rasio "n"didefinisikan sebagai rasio dari tegangan rendah ke tegangan yang lebih tinggi, maka dapat ditunjukkan bahwa penghematan tembaga adalah: n.100%. Sebagai contoh, penghematan tembaga untuk dua autotransformer akan menjadi:
Autotransformer Contoh No1
Sebuah autotransformer diperlukan
untuk langkah-up tegangan dari 220 volt menjadi 250 volt. Jumlah kumparan
menyala utama transformator berkelok-kelok adalah 2000. Tentukan posisi titik
penyadapan primer, arus primer dan sekunder ketika output dinilai pada 10KVA dan
ekonomi tembaga disimpan.
Maka arus utama adalah 45,4 ampere, arus
sekunder yang ditarik oleh beban 40 ampere dan 5,4 ampere mengalir melalui umum
berliku. Ekonomi tembaga adalah 88%.
Kekurangan dari autotransformer
·
Kerugian utama dari
sebuah autotransformer adalah bahwa hal itu tidak memiliki dasar untuk isolasi
berliku sekunder transformator luka ganda konvensional. Kemudian
autotransformer dapat tidak aman digunakan untuk mengundurkan diri tegangan
tinggi ke tegangan yang jauh lebih rendah cocok untuk beban yang lebih kecil.
·
Jika sisi gulungan
sekunder menjadi hubung terbuka, berhenti arus yang mengalir melalui gulungan
primer menghentikan aksi transformator menghasilkan tegangan primer penuh
diterapkan ke sirkuit sekunder.
·
Jika rangkaian sekunder
menderita kondisi sirkuit pendek, arus primer yang dihasilkan akan jauh lebih
besar daripada sebuah transformator luka ganda setara karena meningkatnya
linkage fluks merusak autotransformer tersebut.
·
Karena koneksi netral
adalah sama untuk kedua gulungan primer dan sekunder, pembumian dari gulungan
sekunder secara otomatis bumi primer karena tidak ada isolasi antara dua gulungan. Ganda
transformator luka kadang-kadang digunakan untuk mengisolasi peralatan dari bumi.
Autotransformer ini memiliki banyak kegunaan dan
aplikasi termasuk starting motor induksi, digunakan untuk mengatur tegangan
dari jaringan transmisi, dan dapat digunakan untuk mengubah tegangan ketika
primer untuk rasio sekunder dekat dengan kesatuan.
Sebuah autotransformer juga dapat dibuat dari konvensional dua-berliku transformator dengan menghubungkan gulungan primer dan sekunder bersama dalam seri dan tergantung pada bagaimana sambungan dibuat, tegangan sekunder dapat menambah, atau mengurangi dari, tegangan primer.
Sebuah autotransformer juga dapat dibuat dari konvensional dua-berliku transformator dengan menghubungkan gulungan primer dan sekunder bersama dalam seri dan tergantung pada bagaimana sambungan dibuat, tegangan sekunder dapat menambah, atau mengurangi dari, tegangan primer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar