Selasa, 11 April 2017

BTS ( BASE TRANSCEIVER STATION )

BTS ( BASE TRANSCEIVER STATION )




Bicara tentang telekomunikasi, kita tidak bisa lepas dengan BTS yang merupakan singkatan dari base transceiver stationtermasuk dengan sinyal BTS itu sendiriBTS telekomunikasi merupakan alat pemancar sinyal perangkat seluler yang kita gunakan. BTS juga sebuah infrastruktur telekomunikasi dimana BTS tersebut sebagai fasilitas komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dengan jaringan operator. Nama lain dari BTS ini adalah BS (Base Station), RBS (Radio Base Station) atau eNB (node B). Masyarakat hingga saat ini belum bisa membedakan antara komponen-komponen BTS dengan menara BTS, padahal menara BTS bukan termasuk BTS itu sendiri walaupun sama-sama mendukung untuk menghasilkan sinyal BTS yang bagus.
Setelah mengetahui pengertian Sinyal dan BTS, kita juga harus mengetahui apa fungsi BTS. BTS adalah perangkat paling luar yang berhubungan langsung dengan handphone (mobile station). Fungsi BTS operator seluler adalah sebagai jembatan perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lainnya. BTS inilah yang menyediakan wireless access ke handphone (mobile station) Anda. BTS terdiri dari beberapa komponen-komponen dan tower BTS tidak termasuk komponen tersebut. BTS terletak dalam shelter (rumah kecil) yang berada di daam komponen inti BTS di dekat tower telco.
Untuk lebih jelas lagi mari kita bahas lebih dalam tentang komponen BTS dalam perangkat Sinyal BTS. Komponen-komponen tersebut adalah Tower atau menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa yang berfungsi sebagai penempatan antena dan radio pemancar serta menerima gelombang telekomunikasi dan informasi.

Tower


Tower digunakan untuk tempat menyebarkan sinyal BTS. Tower umumnya berbentuk segi empat, segitiga maupun berupa tongkat (pipa panjang). Pada umumnya tower bertipe tiga jenis  yaitu tower pipa besar atau tower dengan 4 kaki (diameternya 30 cm keatas), tower segitiga yang diokohkan dengan tali panjang dan pipa besi yang dikuatkan dengan tali panjang.

Antena


Antena yang merupakan alat untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik lalu meradiasikannya sehingga keluarlah sinyal bts. Pemancar sinyal BTS ini ada 2 tipe yaitu antena sektoral dan antena microwave. Komponen lain yang tidak kalah pentingnya adalah penangkal petir yang berupa rangkaian jalur pengamanan terhadap sambaran petir yang sangat berbahaya.

Penangkal petir 


merupakan pengaman untuk tower dan sinyal bts, yang berfungsi sebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi tanpa merusak benda-benda lainnya.komponen berikutnya yaitu lampu  sebagai penerangan daerah sekitar BTS. Selain itu, fungsi utamanya ialah sebagai indikator adanya menara di daerah tersebut untuk mencegah pesawat atau helicopter menabrak BTS.

Combiner


Combiner merupakan komponen penting juga yang berfungsi menerima sejumlah sinyal menggunakan 1 antena. Komponen BTS lainnya adalah Duplexer yang berfungsi untuk komunikasi full dup-lex. Kemudian komponen BTS lain adalah alarm yang fungsinya sebagai fasilitas keamanan. Komponen terakhir adalah shelter. Shelter adalah tempat terdapatnya perangkat-perangkat komunikasi.

Power supply

Power supply sangat penting untuk keberlansungan bts karena diharapkan bts harus siaga 24 jam nonstop untuk beroperasi .Demi ketersediaan power supply yang cukup,maka bts sering memakai backup power supply selain memakai listrik pln,yaitu genset ataupun tenaga surya / solar cell.

www.kartanagari.com

www.kartanagari.com



*)Untuk pembuatan sistem backup batere ataupun sistem electrical backup BTS silahkan hubungi www.kartanagari.com atau kontak
+62-8787-7735-675

1 komentar:

  1. Sy punya bts baseband unit indoor, type ZTE ZXSDR B8200.. ada 2 unit.. sypa tw ada yg minat bisa email ke davinzaveybe@gmail.com soal harga, bisa nego sampai deal.. tq

    BalasHapus